Ompu Paranjak Ulubalang

February 2, 2016 · Print This Article

Tugu Paranjak Ulubalang

Sekilas tentang Ompu Paranjak Ulubalang

Apa sebenarnya arti Paranjak Ulubalang? Diambil dari dua kata; “Anjak” dan “Ulubalang.” Sedangkan kata “Par” hanyalah kata kerja bantu tambahan, yang dalam bahasa Indonesia disebut bisa jadi “peng.” Paranjak (bahasa Batak) berarti penginjak jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Sedangkan Ulubalang artinya pemimpin atau panglima perang. Maka dari sanalah muncul kata “pangulu balang” diartikan patung bersifat magis berguna untuk menjaga kampung atau ladang dari serangan musuh.

Dan dari sana juga muncul kata “hinaulubalang” yang diartikan seorang dipilih dan diupah untuk melawan musuh. Jadi, arti sesungguhnya Paranjak Ulubalang ialah seorang panglima perang yang pertama menginjakkan kaki sebagai tanda perang. Konon dulu, dalam tradisi nenek moyang Batak, jika terjadi perang yang berada di barisan paling depan adalah panglima perang.

Dialah yang di depan yang pertama mengangkat kaki, lalu menginjakkannya dengan keras ke tanah, sebagai tanda bagi pasukan untuk berperang. Hanya saja, tak ada data yang jelas menyebut Paranjak Ulubalang sebagai panglima perang. Tetapi, bisa jadi benar dulunya dia seorang panglima.

Kelemahan kita, tak memiliki dan memelihara tradisi menulis. Paranjak Ulubalang sendiri, sebagaimana kita tahu bersama, anak ketiga dari sebelas bersaudara, anak dari Raja Sianggasana. Menikah dengan boru Sitorus Pane. Dari keturunannya lahir empat anak; Ompu Sumillam, Ompu Saudara, Ompu Buha Ujung (Manaretua), dan Ompu Juara Oloan.

Saat ini tugu dari Ompu Paranjak Ulubalang berada di Aek Nauli, Dolok Sanggul. Setelah sekian lama direncanakan dipugar, akhirnya pemugaran tugu Ompu Paranjak Ulubalang selesai dan diresmikan pada 13 Juli 2013, di Desa Aek Nauli, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan. Jumalah keturunan dari Ompu Paranjak Ulubalang di Jabodetabek sendiri lebih kurang seratus kepala keluarga.

Penulis, Hotman J Lumban Gaol (Hojot Marluga) keturunan Ompu Paranjak Ulubalang-Sundut XV dari Lumban Gaol