Perayaan Natal dan Bona Taon 2018

January 22, 2018 · Print This Article

Perayaan Natal dan Pesta Bona Taon 2018 Punguan Pomparan ni Raja Lumban Gaol Dohot Boruna Sejabotabek di GP Mulia 21 Januari 208 kemarin berlangsung meriah. Acara tersebut dihadiri oleh tiga ribu jiwa dari empat belas ompu. Ibadah pembukaan bernuansa perayaan Natal dipimpin oleh Pdt. Rittar Nababan, Sth., MM dari HKBP Petukangan dengan tema Dai Jala Ida Hamu Denggan Basa ni Jahowa ( Psalmen 34: 9A). Dalam kotbahnya, Pdt Rittar mengajak seluruh pomparan ni Raja Lumban Gaol Sejabodetabek untuk tidak lupa mengucap syukur kepada Tuhan atas nikmat-nikmat karunia yang telah diterima oleh masing-masing keluarga dan menjadi berkat bagi warga disekitar tempat tinggal kita. Hal kedua yang tidak kalah penting, supaya punguan Lumban Gaol memberikan perhatian lebih besar kepada generai muda supaya generasi muda Lumban Gaol menjadi generasi yang berprestasi dan teguh di jalan Tuhan.

Sementara itu, Ketua Panitia Maringan Lumban Gaol, SE dalam sambutanya menyerukan supaya even pesta bona taon juga menjadi wadah pengenalan budaya batak bagi generasi muda. Pesta besar Lumban Gaol sejabodetabek ini yang dilaksanakan sekali dalm dua tahun menjadi tempat pertemuan untuk melepas kerinduan sesama pinompar ni Raja Lumban Gaol. Tidak ada acara pengumpulan uang dalam pesta bona taon, sebab pesta bona taon adalah khusus sebagai acara mengucap syukur kepada Tuhan. Biarlah pesta ini bisa dinikmati oleh generasi muda, anak-anak bahkan balita-balita supaya terpatri dalam ingatannya bahwa mereka punya keluarga besar dalam ikatan persaudaraan yang kokoh.

 

Turut memberikan sambutan adalah Ketua Umum Pomparan ni Raja Lumban Gaol dohot Boruna Sejabodetabek St. Sabar Lumban Gaol, SH. Ketua Umum menyerukan supaya semangat kebersamaan jangan menjadi kendor tetapi tetap terjalin baik diantara pengurus maupun sesama anggota. Peran serta pengurus ompu sangat menentukan keberhasilan program BPH.  Beliau juga mengilas balik kegiatan-kegiatan Punguan Lumban Gaol Sejabodetabek selama tahun 2017, ada 100-200 kegiatan yang dilaksanakan punguan baik duka maupun sukacita, sehingga di 2018 seluruh jajaran pengurus termasuk pengurus punguan ompu harus lebih bersemangat dan bahu membahu sehingga semua kegiatan di 2018 bisa terlaksana dengan baik.

Hadir pula pada acara ini adalah Ketua Umum Parsadaan Toga Marbun Indonesia, Ir. Binsaren Lumban Batu dan Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjar Nahor, SE. Dalam sambutannya, Bupati Dosmar meminta supaya keluarga besar Lumban Gaol ikut berperan serta dalam membangunan Humbang Hasundutan, yang juga merupakan tanah leluhur marga Lumban Gaol. Bupati yang merupakan bere dari Lumban Gaol tersebut juga meminta kepada tokoh-tokoh marga Lumban Gaol yang berkompeten di bidangnya masing-masing memberikan sumbang saran kepada pemerintah daerah Humbang Hasundutan. Dosmar juga menjelaskan bahwa Humbang Hasundutan adalah tanah subur dan memiliki iklim yang cocok untuk pertanian, sehingga sektor pertanian menjadi focus pengembangan dan pembangunan pemerintah daerah Humbang Hasundutan saat ini.  Marga Marbun masuk dalam empat marga besar di Humbang Hasundutan, untuk itu peran serta seluruh marga Marbun di manapun berada khususnya para perantau sangat diperlukan dalam memajukan Kabupaten Humbang Hasundutan. Ia berharap, Marga Marbun sebagai rumpun marga besar di Humbang Hasundutan menjadi berkat bagi seluruh masyarakat Humban Hasundutan.

Sementara Ir. Binsaren Lumban Batu yang dalam sambutanya didampingi Sekjen Parsadaan Toga Marbun Indonesia (PTMI) Lasro Marbun dan Bendum PTMI Benny Lumban Gaol, SE. Menekankan perlunya pembinaan generasi muda supaya dimasa-masa yang akan datang semakin banyak generasi muda dari Toga Marbun yang berhasil baik di dalam lingkungan pemerintahan, TNI, wiraswasta dan karier-karier professional lainya.

Kemeriahan pesta semakin terlihat ketika tortor marompu-ompu digelar. Kempat belas kelompok ompu yang ada di Jabodetabek manortor bergiliran sesuai urutan dari Ronggur Barita, Tompa Siriaon, Tuan Nasobal, Guru Manalaksak, Paranjak Ulubalang, Amaraja Irumana, Raja I Sampurna, Raja Boni, Situan Datu, Silahisabungan, Namorabilang, Juara Sahalana, Raja Mulia dan Ompu Portibi hingga tor-tor ni boru ni Lumban Gaol. Anak-anak dan Naposo Bulung pun ikut memeriahkan pesta dengan manortor bersama. Tortor anakanak diikuti oleh tiga ratusan anak dari berbagai usia. Terlihat kegembiraan di wajah anak-anak tersebut. Acara tor-tor ditutup dengan aksi para Naposo Bulung Lumban Gaol. Naposo bulung Lumban Gaol yang ikut dalam acara tortor ini sudah merupakan generasi yang lahir di Jabodetabek yang berjumlah dua ratus orang.

 

Acara bona taon ini sebagai wadah pengenalan budaya batak bagi generasi millenia sehingga mereka tidak lupa pada jati diri dan tanah leluhur mereka terutama mempererat tali silaturahmi yang sudah ada, sehingg generasi muda Lumban Gaol Jabodetabek memiliki kesadaran bahwa mereka memiliki ribuan saudara di sekitar Jabodetabek.

Bona taon menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan Lumban Gaol dohot boruna sejabodetabek setiap sekali dalam dua tahun. Even bona taon juga menjadi ajang pelantikan pengurus baru Punguan Pomparan ni Raja Lumban Gaol dohot Boruna. Pada bona taon hari minggu lalu diadakan pelantikan beberapa tokoh yang akan dipercayakan sebagai parsinabung dan protokol pesta pernikahan maupun acara duka cita. Tokoh-tokoh ini dipilih dari keempat belas ompu marga Lumban Gaol yang ada di Jabodetabek untuk mengemban tugas dalam melaksanakan prosesi adat Batak. Melihat pesatnya perkembangan komunitas marga-marga batak di Jabodetabek maka semakin banyak pula dibutuhkan tokoh-tokoh yang bisa didaulat sebagai parsinabung atau protokol acara pesta. Sebagai gambaran, tahun 2017 saja ada sekitar 70 – 80 pesta sukacita baik sebagai hasuhuton maupun sebagai posisi tulang.

Kiranya dengan bona taon ini, seluruh keluarga Lumban Gaol diliputi oleh suka cit dan kesan-kesan yang mendalam sehingga semakin terciptanya hubungan dan ikatan yang erat diantara sesama keturunan Raja Lumban Gaol. Hendrylumbangaol / amanipartogi

 

 

 

foto lainnya ada di https://drive.google.com/open?id=140IfaRrdGW9hmIBMrBTwfRkOeLj8cqvt