Inmemorial

Ir Humuntar Lumban Gaol (Op Jessica), 82 Tahun, meninggal dunia 8 Januari 2020 pukul 10.30 WIB. Nama Jessica cucu tertua dari penikahan putri sulungnya, Eva Nathalie boru Lumban Gaol BSC, SE, menikah dengan Mayor Jenderal Santos Gunawan Matondang, S.IP., M.M.,M.Tr. (Han).

Humuntar Lumban Gaol kelahiran Desa Sanggaran (Dolok Sanggul) 8 Januari 1938 dan meninggal di tanggal dan bulan yang sama, 8 Januari 2020. Dia adalah anak pertama dari sepuluh bersaudara, dari pasangan ayah Lodewijk Lumban Gaol dengan ibunda Maria boru Simamora.

Humuntar pernah menjadi Ketua Panitia Nasional Jubileum 125 HKBP yang mengundang hadir Presiden Soeharto dan Ibu Tien ke Pearaja Tarutung. Dialah yang mendengungkan Proyek Maduma, sebelum Martabe digelorkan Raja Inal Siregar. Maduma diperpendek dari Mangula Dungi Mangan. Proyek itu dikerjakannya untuk membayar hutangnya kepada masyarakat Batak yang sangat dicintainya.

Acara Tonggo Raja akan digelar hari, Jumat, 10 Januari 2020. Pukul 19.00 WIB di Rumah Duka RSPAD, Ruang Sentosa. Sementara acara adat digelar Sabtu, Jan.202. Dan dimakamkan, Minggu, 12 Jan 2020. Dari penghargaan yang diterimanya dari negara sepantasnya almarhum dimakamkan di Makam Pahlawan Kalibata. Paling tidak dia menyandang tiga penghargaan negara. Pertama, Bintang Jasa Utama. Kedua, Satylancana Karya Satya XX. Ketiga, Piagam Penghargaan dari Menteri Keuangan Republik Indonesia. Jabatannya terakhir Inpektur Jenderal Pembangunan Bidang Pembanguan Desa Tahun 1994-1998.

Selamat jalan amang.

Hits: 52

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *