Baginda Diberangkatkan Punguan Lumban Gaol Sejabodetabek Mencalonkan Diri Jadi Bupati Humbahas

Suaratapian.com JAKARTA-Punguan Pomparan Raja Lumban Gaol resmi mendukung Baginda  Polin Lumban Gaol SH MH untuk bakal calon Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas). Dukungan resmi tersebut disampaikan langsung Ketua Umum Lumban Gaol Sejabodetabek, St. Sabar Lumban Gaol SH di hadapan ribuan keturunan Lumban Gaol saat memberi sambutan di Natal dan Bona Taon Lumban Gaol Sejabodetabek.

Dan, doa dan pemberangkatan Baginda bakal calon (balon) Bupati Humbahas dipimpin langsung St Parsaoran Lumban Gaol SPd. “Kami memberangkatkan amang Baginda Lumban Gaol SH MH untuk bertarung menjadi calon dari Lumban Gaol jadi pelayan di Humbang Hasundutan,” ujar Ketua Penasihat Lumban Gaol Se-Jabodetabek, St. Parsaoran Lumban Gaol SPd (Op Jonathan Doli) sesaat doa memberangkatkan Baginda dari Punguan Lumban Gaol Sejabodetabek, di Gedung Mulia Raja, Minggu, (19/1/20).

Perlu juga diketahui bahwa sebaran lima marga, jumlah penduduk terbanyak berdasarkan marga di Humbahas adalah marga; Simamora, Purba, Lumban Gaol, Sihombing dan Simanullang. Artinya, penduduk terbanyak ketiga di Humbahas berdasarkan marga adalah Lumban Gaol. Maka di beberapa kesempatan baik di Humbahas maupun di Jakarta sudah memberi dukungan bagi Baginda Polin Lumban Gaol SH MH.

Baginda sendiri meniti karier dari Jaksa, terakhir menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) di Provinsi Kalimatan Barat. Sebelum menjadi Kajati Kalbar, Baginda Kajati Provinsi Bengkulu, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumut (Wakajatisu) di Medan, Asisten Pembinaan (Asbin) Kejati Provinsi Jawa Timur di Surabaya, Kajari Palembang di Sumatera Selatan, Kajari Tarutung Taput, tugas di Kejari Tebingtinggi serta lama bertugas di Kejagung dan di beberapa daerah lainnya.

Atas komitmennya untuk mencalonkan diri, Baginda meminta pensiun dari karier yang ditatanya lebih dari 35 tahun. “Sebenarnya saya sendiri dua tahun lagi bisa berkarier di Kejaksaan, tetapi oleh karena niat untuk mengabdi bagi masyarakat Humbahas, saya meminta pensiun sejak tanggal 1 Januari 2020,” ujarnya. Terkait permasalahan di Humbahas, Baginda sendiri tahu mana-mana daerah yang sangat tertinggal di Humbahas.

“Saat saya menjadi kepala Kejaksaan Negeri Tapanuli Utara, yang saat itu daerah Humbahas masih dalam wilayah tugas kejaksaan Tapanuli Utara, saya sering-sering masuk ke pedalaman. Sejak itu saya mengetahui apa-apa masalah untuk diselesaikan di Humbahas,” ujarnya saat menyampaikan sambutan dengan mengundang seluruh keturunan Ompu Silahisabungan untuk menyampaikan permohonan dukungan bagi seluruh keturunan Lumban Gaol.

Tentu, diharapkan, dengan pengalaman Baginda puluhan tahun sebagai aparat penegak hukum bisa menjadi bekal dalam memimpin dan membangun Humbahas. Sebenarnya, diawal-awal Humbahas saat itu sebagai kabupaten baru, Baginda sudah maju mencalonkan diri. Hanya saja, saat itu, yang terpilih adalah Maddin Sihombing. Namun setelah alih kepemimpinan Maddin dengan bupati petahana sekarang dirasa tak ada pembangunan di Humbahas yang bisa dibanggakan. Atas hal itu, membuat Baginda ingin kembali dalam kesempatan yang ada untuk mengabdi penuh di Humbahas. Dukungan untuk dirinya maju di beberapa kesempatan diserukan padanya, sebab Baginda dinilai sudah saatnya maju dan mengabdi untuk membangun Humbahas dengan segudang pengalamannya.

“Saya ingin mengabdi di Humbahas bukan mencari uang atau jabatan,” ujarnya di satu kesempatan wawancara. Sebagai bukti dukungan berbagai pihak, utamanya Lumban Gaol telah berkali-kali telah mengadakan pertemuan, termasuk Natal Sahabat Baginda di akhir Desember lalu di lapangan Merdeka Humbahas didukung banyak orang dan dihadiri ribuan orang termasuk kelompok marga Sihombing.

Bahkan, sebelumnya sudah bebebera kali mengelar sosialisasi soal rencana mau mencalonkan diri jadi bupati.  November 2019 lalu misalnya, bersama timnya mengelar acara yang dihadiri marga Lumban Gaol dari 10 Kecamatan di Kabupaten Humbahas. Mereka menyatakan dukungan kepada Baginda untuk ikut maju sebagai calon pimpinan di Humbahas pada Pilkada tahun ini.

Pasangan Rajin

Baginda bergerak cepat dan sudah menetapkan wakilnya. Dari bakal calon yang disebut-sebut akan maju dalam Pilkada di Humbahas baru Baginda yang mendeklarasikan diri dengan calon Rajin Tajom Sihombing. Tim ingin bergerak cepat. Tentu, bukan hanya tim Baginda sudah bergerak, termasuk tim Rajin Tajom Sihombing. Rajin sendiri berani maju mencalonkan diri oleh karena didukung marga Sihombing. Desember tahun lalu, Rajin telah menggelar pertemuan dengan masyarakat di Kecamatan Lintong Nihuta dan Paranginan untuk menyampaikan keinginan menjadi Wakil Bupati Humbahas Periode 2020-2025 yang berpasangan dengan Baginda Polin Lumban Gaol sebagai Bupati. Acara digelar di Lapangan Kantor Camat Lintong Nihuta, Sabtu (14/12/19) yang dihadiri Baginda dan ribuan masyarakat dari Kecamatan Lintong Nihuta dan Paranginan.

Dalam sambutannya, Rajin mengungkapkan, bahwa dirinya sangat merindukan pemerintahan di masa kepemimpinan Bupati Maddin Sihombing. Di mana pembangunan dan kemajuan Kabupaten Humbahas di masa itu sangat dirasakan langsung masyarakat. Sementara Baginda, dalam sambutannya, menyebut, dirinya serius dan bersungguh-sungguh maju dan ingin memimpin Kabupaten Humbahas untuk membangun Kabupaten Humbahas.

“Saya tertarik berpasangan dengan Rajin oleh dikarenakan dirinya memiliki sosial yang tinggi dan dekat dengan masyarakat.” Diharapakan masyarakat Lintong Nihuta dan Paranginan bersatu mendoakan dan mendukung pasangan Baginda Polin Lumban Gaol dan Rajin Tajom Sihombing menjadi Pemimpin di Kabupaten Humbahas. Keduanya merupakan putra terbaik dari Humbahas yang amat layak memimpin Humbahas. (HM)



Hits: 126

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *